"The only real stumbling block is fear of failure. In cooking you've got to have a what-the-hell attitude."

Julia Child

Friday, January 24, 2014

Dendeng Balado

Kurang lebih sudah tiga bulan dapur virtual dan dapur saya yang sebenarnya tutup. My body is currently growing a baby in this belly :) so it is kinda hard to do cooking activity.

Sayangnya selama tiga bulan ini sebetulnya saya kangen banget makanan rumahan, karena dari kecil memng udah terbiasa dibuatin masakan homemade sama mama sendiri dan hampir gak pernah makan di luar. Bahkan saat SMP ampe Kuliah yang tinggal di asrama pun makannya nggak se lahap di rumah. Beda sama kebiasaannya suami, tadinya saya sering ngeledek dia sbg anak manja yang doyan junk food dan dine out. Setelah dibuktikan di kehidupan nyata, saya picky banget sama citarasa makanan sedangkan dia makan apapun cuek aja (nah lo kualat sama suami) :D

Oke sekarang ketika morning sickness mulai  berkurang saya nyoba untuk belanja ke pasar lagi dan masak makanan sesuai selera. Saya bikin dendeng balado, tetep pake resep kira-kira karena males nelpon dan dulu pun gak pernah nanya apa bumbunya. Saya cuma inget mama ngerebus daging sampe empuk dan kuah sisa rebusannya dituangin ke nasi anget khusus buat saya, so nostalgic isn't it :)




Resep ini buat yang kepengen dendeng balado a la padang tanpa harus jemur-jemur dulu, hasilnya nanti akan jadi dendeng basah ya soalnya akan kerasa lebih gurih dimakan sama nasi, tapi kalo pemirsa suka yang krenyes, kecilin apinya pas ngegoreng, tunggu rada lama sampe buihnya habis trus angkat deh. Emang di sumatra hidangan dendeng itu ada berbagai macem, nanti deh saya cobain yang baracik, batokok dan yang lain lain.

Bahan:

Dendeng
- Daging sapi 250gr, iris tipis (bisa juga beli di supermarket yang udah diirisin)
- Air Secukupnya Untuk Merebus (Sekitar 2 gelas)
- Asam jawa, larutkan
- Bawang Putih, Jahe, lengkuas, ketumbar (haluskan)

Marinade daging dengan seluruh bumbu (tanpa air), makin lama makin enak :D

Sambal
- Cabe Merah besar
- Cabe Keriting
- Bawang Merah
- Tomat
- Gula & Garam
- Air sisa merebus daging

Cabenya cukup diketok-ketok kasar aja begitupun bawangnya, tomatnya diiris kecil-kecil.

Cara membuat:

Rebus daging yang sudah di-marinade dengan api kecil, kalau sudah cukup empuk matikan api, sisihkan airnya.
Pukul-pukul daging (saya pake ulekan) hingga menjadi lebih tipis, goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Pake sisa minyak menggoreng daging, tumis tomat dan gilingan cabe sampai harum, masukan air sisa merebus daging (jangan kebanyakan) tambahkan Garam & Gula, masukan daging, aduk-aduk kemudian matikan api.





Jangan lupa siapin nasi anget yaa :)

No comments:

Post a Comment