"The only real stumbling block is fear of failure. In cooking you've got to have a what-the-hell attitude."

Julia Child

Friday, January 31, 2014

[ IDFB #14 ] Nasi Lengko

Masih ada beberapa jam lagi sebelum IDFB Challenge ke #14 ditutup, pertamakalinya buat saya ikutan meramaikan eventnya.


Challenge kali ini adalah olahan dari beras, dan kebetulan banget sponsornya dari produsen beras yang saya konsumsi sejak jaman single yaitu PureGreen :D. Jaman itu lagi aware banget sama hidup sehat, kayak apapun makannya kan etlis bisa kebantu dari nutrisi beras organik. Favorit saya yang beras coklat atau yang mix merah putih. Saya suka pake beras PureGreen karena ukurannya yang handy (cocok mak buat anak kosan) dan secara manfaat emang kerasa bikin gak gampang laper dan pastinya berat badan terkendali, pilihan brand ini berlanjut sampe menikah :)

Kalau mau tau lebih lanjut simak penjelasan tentang PureGreen dari mamak host IDFB ya..

Apa itu PureGreen ?

PUREGREEN Organic Rice adalah beras 100% Organik bebas kimia dan pestisida yang sangat sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Sejak diluncurkan tahun 2009 PUREGREEN mendapat respon yang luar biasa dari konsumennya. Dan hingga kini PUREGREEN tetap berupaya mempersembahkan beras yang terbaik untuk kesehatan keluarga Anda.

Yuk kita simak juga keunggulan beras PureGreen :

1. Lebih sehat
2. Rasa lebih gurih
3. Lebih tahan basi
4. Kaya mineral dan vitamin
5. Karena tidak mengandung bahan
kimia, maka baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, wasir, 
kolesterol, asam urat, darah tinggi, dll
6. Kaya anti oksidan dan zat2 lain yang membantu mencegah kanker dan serangan jantung
7. Meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk anak-anak.
8. Cocok untuk program diet.

Sumber : http://puregreenorganic.com/

Kebetulan di rumah saya lagi nge-stock beras PureGreen coklat, di hari-hari terakhir saya baca pengumuman challengenya saya langsung kepikiran penganan yang easy yet tasty. Namanya Sega Lengko a.k.a Nasi Lengko.


Sega lengko (nasi lengko dalam bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya). Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Bahan-bahannya antara lain: nasi putih (panas-panas lebih baik), tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis. Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan
(source: Wikipedia) --bok.. ada juga penjelasan versi ngapak ..just in case..hahaha

Nasi Lengko ini favorit saya kalau lagi berkunjung ke rumah sodara di Pamanukan, Subang. daerah pantura emang kaya banget kulinernya, perpaduan jawa dan sunda yang bikin makanannya beragam. Nasi Lengko ini bisa didapetin di banyak tempat dalam are pantura, dari pengkolan rumah sampe pinggir jalan raya. Harga per porsinya cuma tiga rebu (3000) aja, pemirsa..



Lauk Pelengkapnya macem-macem, dari sate-satean hingga gorengan. Gorengan yang umum seperti bakwan biasanya dicampur udang, seribu dapet dua (kadang tiga). murah banget mengingat daerah pantura memang berlokasi di pesisir. Jadi penggunaan seafood dalam masakannya memang hal biasa.

Buat yang nggak tinggal di area pantura bisa juga kok bikin sendiri, makanan ini bisa jadi variasi untuk sarapan selain nasi goreng. Gampang banget dibuatnya, bergizi, dan cocok juga untuk yang vegetarian.



Bahan -Bahan

Nasi PureGreen


  •  1 cup Beras PureGreen (saya menggunakan cup takaran beras)
  •  2 cup air

Masak dalam rice cooker hingga matang

Pelengkap

  •  1/2 papan (50 gr) tempe, potong memanjang, goreng kering
  •  2 buah tahu kuning, potong memanjang, goreng hingga berkulit
  •  50 gr taoge, diseduh
  •  1 buah mentimun, dipotong-potong
  •  3 tangkai kucai, dipotong 1 cm. Bila tidak ada bisa diganti dengan dan bawang dan seledri
  •  Bawang Goreng
  •  Kecap Manis


Saus

  • 50gram kacang tanah kulit, goreng
  • 3 buah cabai rawit merah 
  • 1/2 cm Kencur
  • 1 sendok makan gula merah, disisir
  • Air Secukupnya
  • Garam dan Penyedap

Haluskan cabe bersama kencur, kacang, garam dan bumbu penyedap, kemudian gula merah. setelah semuanya halus tambahkan air sedikit demi sedikit.

Penyelesaian

Tata nasi, tahu, tempe, taoge, dan mentimun di piring saji. Siram saus. Tambahkan kecap manis. Taburi kucai dan bawang goreng

Selamat mencoba :)


2 comments:

  1. Makasihhh udah ikutan yaa... cakeppp nih nasinyaa...

    ReplyDelete
  2. Makasih Mba Elsye, senang ikutan berpartisipasi : )

    ReplyDelete